Jumat, 15 Mei 2009

ANTIVIRUS

Sebelum saya membahas tentang arti dari antivirus keseluruhan, disini saya akan terlebih dahulu apa itu VIRUS dan Macam-macam Virus.

Virus adalah sebuah Kode yang ditempelkan dalam satu program yang menyebabkan pengkopian dirinya disisipkan ke satu program lain atau lebih. Program menginfeksi program-program lain dengan memodifikasi program-program itu. Modifikasi itu termasuk memasukkan kopian program program virus yang kemudian dapat menginfeksi program-program lain. Selain hanya propagasi, salah satu program jahat ini biasanya melakukan fungsi yang tak diinginkan. Seperti virus biologis, pada virus komputer terdapat kode instruksi yang dapat membuat kopian sempurna seperti dirinya. Ketika komputer yang terinfeksi berhubungan (kontak) dengan perangkat lunak yang belum terinfeksi, kopian virus memasuki program baru. Infeksi dapat menyebar dari komputer satu ke yang lainnya melalui disk yang digunakan pemakai, atau mengirimkan program melaui jaringan. Pada lingkungan jaringan, kemampuan mengakses aplikasi dan layanan-layanan komputer lain merupakan fasilitas sempurna penyebaran virus.
Sebuah virus dapat berisi rutin-rutin tertentu yang diisikan oleh programmer virus. Rutin-rutin ini bisa saja berisi perintah perusakan atau hanya sekedar menampilkan pesan.
Macam-macam Virus :
1. Virus resident
virus resident yaitu Program virus yang menetap di memori.
2.Virus Komputer
Virus komputer yaitu program buatan manusia yang dapat memperlambat kinerja sistem, merugikan atau bahkan merusak sistem. Program ini mempunyai kemampuan untuk mengembang atau menyebar yang telah diatur di dalam program tersebut.Virus memiliki kelebihan yang disebut Stealth yang artinya adalahKemampuan yang dimiliki oleh suatu virus untuk membuat jejaknya tidak bisa dideteksi oleh program pendeteksi atau program antivirus.jadi kita harus lebih berhati-hati dan jangan senang dulu bila komputer kita tidak bervirus, bisa jadi virus-virus dalam komputer kita itu memakai stealthnya tersebut.
Sedangkan arti dari antivirus itu sendiri adalahProgram untuk melacak keberadaan dan mengamankan virus pada media penyimpanan, baik pada disk maupun memory.Bila antivirus kita menemukan file / objek yang berpotensi merusak maka objek tersebut akan muncul sehingga kita dapat melakukan langkah Eksekusi dalam arti lain yaitu kita dapat menghapus atau mengkuarantina Virus-virus tersebut.
Apalgi setelah adanya FlashDisk yang berguna untuk menyimpan data. dengan ukuran yang portable, FD sangat berpotensi untuk terkena Virus. Maka dari itu kita harus pula memiliki antivirus yang portable juga, seoerti Ansav,dll.


untuk mendownload Ansav-Beta Silahkan Klik Icon di bawah ini !!!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Masukan komentar anda !!!!

Visitor :

free counters
Template Design by SkinCorner from Jack Book
Tazmania Pictures, Images and Photos